Lawan Radikalisme, BNPT Rekrut 30 Pemuda Sumut

Medan | kreasidutadamai.id

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merekrut Pemuda-pemudi Sumatera Utara menjadi Duta Damai Sumut 2018 dalam Workshop Bidang Penulisan, Desain Komunikasi Visual dan IT. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah bahaya paham radikalisme dan terorisme yang tersebar luas di dunia maya.

“Penyebaran radikalisme saat ini semakin marak. Mereka menggunakan pendekatan agama untuk menggaet pemuda yang pemahaman agamanya dangka. Untuk itu, saya yakin pemuda di Sumut bisa terus melawan konten-konten tersebut dengan bidangnya masing-masing, dengan penulisan, DKV, dan IT”, ungkap  Brigjen Pol. Ir. Hamli, ME selaku Direktur Pencegahan BNPT pada sambutannya dalam Workshop tersebut di Hotel LePolonia Medan, Rabu (11/7/2018).

Hamli memulai paparan mengenai terminologi radikal. Secara bahasa, radikal adalah pemikiran/gagasan seseorang. Sedangkan radikalisme dalam terminologi BNPT menurut paparan beliau adalah individu/kelompok yang menggunakan kekerasan untuk merusak. Ia juga memaparkan sejarah dari peristiwa yang terjadi di masa orde lama, orde baru, reformasi sampai sekarang.

“Saat ini mereka terbagi dalam beberapa kelompok jihad. Ada yang berafiliasi dengan Al-Qaeda, ada juga yang berafilisasi dengan ISIS. Kelompok-kelompok jihad tersebut sekarang memilih dunia maya untuk merekrut orang-orang yang mau melakukan aksi mereka. Mereka membaiat orang-orang tersebut tidak lagi dengan bertemu langsung. Cukup dunia maya menjadi saja akses bagi mereka dan mereka bisa melakukan aksi yang mereka rencanakan,” ungkap Hamli.

Marissa Aruan, salah satu peserta Duta Damai Sumut 2018 mengatakan sangat antusias dapat mengikuti kegiatan ini. Ia dapat berkontribusi untuk menyebarkan kebaikan di dunia maya. “Saya suka menulis. Saya juga aktif di media sosial. Momen ini bagus untuk pemuda khususnya pemuda di Sumatera Utara untuk lebih peduli terhadap bahaya radikalisme dan terorisme,” ungkap Marissa.

Workshop ini diikuti oleh 30 pemuda dari berbagai profesi seperti mahasiswa, aktivis muda, dan profesional muda. Turut serta pula Duta Damai angkatan I yang sudah dibentuk pada 2016 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pencegahan BNPT didampingi Kasubdit Kontra Propaganda, Kasi Media Literasi, Redaktur Pelaksana Pusat Media Damai dan pengurus Pusat Media Damai.

 

 

Penulis : ahmad hakiki

Respond For " Lawan Radikalisme, BNPT Rekrut 30 Pemuda Sumut "

Tinggalkan Balasan