+6282274310360
kreasidutadamai@gmail.com

Sepaham, Cara Paling Efektif Lawan Terorisme

Ketua Forum Koordinasi pencegahan Terorisme (FKTP) Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Arfin Hamid.


Ketua Forum Koordinasi pencegahan Terorisme (FKTP) Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), Arfin Hamid.

 

Makassar | kreasidutadamai.id
Menggeliatnya aksi radikalisme dan terorisme di Indonesia, membuat kepolisian melakukan berbagai langkah pencegahan. Langkah pertama adalah menyamakan pemahaman terlebih dahulu.

“Kalau tidak bisa sependapat, searah dulu saja,” jelas Ketua Forum Koordinasi pencegahan Terorisme (FKTP) Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Arfin Hamid saat diskusi ‘Counter Terhadap Paham Kontra Radikalisme atau Terorisme di Makassar’ di Polrestabes Makassar, Jalan Ahmad Yani, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (19/12).

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin itu menjelaskan, seluruh warga Indonesia harus ikut melawan aksi radikalisme dan terorisme. Perlawanan bukan hanya tugas Polri maupun TNI.

“Setelah kita sepakat melawan secara moral, kita melakukan langkah selanjutnya,” ujarnya.

Tapi, lanjut Arfin, melawan bukan berarti melakukan penghakiman. “Negara telah memberikan ketentuan, memberikan porsi untuk melawan radikalisme dan terorisme bagi Polri dan TNI. Setelah itu, baru kita semua,” paparnya.

Menurut Arfin, cara keras hanya boleh dilakukan oleh tim Densus 88 Antiteror Polri dan TNI yang telah dipercaya negara. Sedangkan, cara lunak adalah dengan dialog.

“Dialog, diskusi, nasihat, ceramah, anjangsana, silaturahmi. Tapi ini pun ada metodenya,” tandasnya.

Respond For " Sepaham, Cara Paling Efektif Lawan Terorisme "