LANGKAH AWAL PEMUDA INDONESIA DALAM MENCEGAH AKSI TERORISME

Berbicara strategi berarti kita membicarakan soal cara. Ya, bagaimana cara yang paling tepat untuk mencegah aksi terorisme. Terorisme bukanlah perihal yang biasa melainkan masalah utama yang tidak pernah ada habisnya. Biasanya masalah tersebut selalu dikaitkan dengan agama, sosial, dan politik namun di sini saya akan membahas lebih jauh bagaimana strategi pemuda Indonesia dalam pencegahan aksi terorisme. Tentunya, tiap-tiap orang punya strategi sendiri dalam mencegahnya. Sebagai pemuda Indonesia yang cerdas, kita harus paham betul apa langkah yang paling tepat.

Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam mencegah aksi terorisme dan radikalisme, antara lain:

  1. Belajar dan membaca

Belajar dan membaca adalah langkah awal yang bisa kita terapkan. Hal ini dilakukan agar kita dapat mengetahui dan memahami segala hal tentang pengetahuan baik pengetahuan umum maupun pengetahuan agama. Sebab dengan cara tersebut kita bisa lebih bijak untuk melangkah ke cara selanjutnya dan dapat menyeimbangi rasa keingintahuan kita terhadap suatu hal.

  1. Menjaga keutuhan NKRI

Menjaga keutuhan bangsa adalah langkah selanjutnya. Di sini kita diminta untuk menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara. Langkah tersebut diambil sebagaimana semestinya kita sebagai warga negara yang cerdas harus mampu memahami nilai-nilai pancasila. Karena Indonesia itu Bhinneka Tunggal Ika dan kita harus mampu merangkul masyarakat agar tidak terjadi perselihan antarsesama.

  1. Mendukung aksi perdamaian

Pemuda dan masyarakat umum lainnya hendaknya mendukung aksi perdamaian sebagai bentuk solidaritas bangsa. Mengapa tidak? Aksi perdamaian juga mampu menjaga kita agar tidak terjerat dalam aksi radikal. Kita perlu tahu bahwa tanpa adanya dukungan penuh di dalam perdamaian, semua cara yang kita lakukan adalah yang sia-sia. Untuk mencegah paham radikal dan terorisme yang sumbernya adalah perpecahan, ada baiknya kita saling merangkul untuk mendukung penuh perdamaian terutama di Indonesia.

  1. Ikutserta dalam melaporkan tindak radikal dan terorisme

Hal yang perlu dilakukan adalah ikutserta dalam melaporkan tindak radikal dan terorisme. Jika kita menemukan sesuatu hal yang kita rasa menyimpang, kita bisa berkonsultasi atau menanyakan hal tersebut kepada pihak-pihak yang lebih memahami dan dapat mengatasinya sehingga ada langkah pencegahan awal yang dilakukan.

  1. Cerdas di dunia maya

Zaman semakin canggih, segala sesuatunya sudah dimulai dengan beraktivitas di dunia internet. Sebagai generasi yang peka terhadap permasalahan terorisme, ada baiknya kita memulai diri kita untuk cerdas dalam berselancar di dunia maya. Hal yang paling utama adalah dimulai dari diri sendiri. Sudahkah kita cerdas di dunia maya? Jika sudah, tentunya kita sudah paham bahwa segala informasi yang dibaca dan dilihat ada baiknya dicek kembali. Dipahami benar apakah informasi yang kita dapat benar adanya atau hanya sebuah informasi palsu yang dapat menyebabkan kita terjerumus dalam paham radikalisme. Mengkaji ulang informasi yang kita dapat tidak ada salahnya. Sebab ini adalah cara kita dalam mencegah terorisme. Jika kita masih ragu mengenai informasi tersebut kita bisa berkonsultasi atau bertanya dengan pihak-pihak terkait yang lebih paham mengenai hal tersebut.

Demikian lima langkah awal kita dalam mencegah aksi terorisme. Dalam hal ini, kita diminta agar lebih aktif dan peka terhadap permasalahan yang ada disekitar kita. Karena pemuda Indonesia adalah ujung tombak bangsa, jika kita bersatu padu dalam aksi pencegahan tentunya negara kita sendiri akan aman dari tindak radikalisme dan terorisme. (Dewi Sartika, Kreasi.dutadamai.id)

 

Respond For " LANGKAH AWAL PEMUDA INDONESIA DALAM MENCEGAH AKSI TERORISME "

Tinggalkan Balasan

  • chrzaszcze.pl 30 Juli 2018 22:39

    Hey, you used to write fantastic, but the last few posts have been kinda boring? I miss your super writings. Past few posts are just a little out of track! come on!
  • Devin 31 Juli 2018 03:18

    Бонус без депозита рублей от казино Вулкан Неон.
  • Youthfulskin.Youthfulskin.Clubgno.Com 2 Agustus 2018 10:01

    Играть в MultiGaminatorClub Официальный сайт.
  • cach tri nam mat tai nha 2 Agustus 2018 21:22

    What i do not understood is actually how you are no longer actually a lot more neatly-preferred than you might be now. You're so intelligent. You understand therefore considerably with regards to this matter, made me for my part believe it from so many varied angles. Its like women and men are not interested except it is one thing to do with Woman gaga! Your individual stuffs nice. Always maintain it up!
  • Www.Ecoconstrucciones.Com.ar 3 Agustus 2018 16:10

    In other Vegas spots, he is an unwelcome guest.