Bagaimana langkah mencegah terorisme dimulai dari diri sendiri

Mind-Programming-412x330

Terorisme pada umumnya bukan sekedar musuh Negara, tetapi juga musuh agama dan kemanusiaan. Terorisme yang bersifat radikal menganggap diri mereka sudah yang paling benar. Namun kenyataannya mereka salah besar. Mereka berperang sesuai dengan jihad yang mereka pahami dan mereka menyebut panggilan mereka dengan tentara mujahidin. Namun, dibalik itu semua hanya omong kosong yang akan mereka dapatkan. Mereka mengatas namakan islam sehingga agama lain menganggap agama islam itu adalah agama teroris. Padahal islam itu adalah agama yang damai.

Nah bagaimana langkah mencegah terorisme dimulai dari diri sendiri?

  1. Bentengi keyakinan kita dengan semangat kebangsaan dan nilai-nilai keagamaan yang kita punya.
  2. Ketahuilah dan pahami individu atau sekelompok yang mengajarkan ajaran dan kekerasan. Yang seperti itu biasanya memiliki sifat radikal. Kita bisa melawannya dengan cara menjauhi dan member tahu teman-teman untuk menjauhinya.
  3. Setiap ada gerak-gerik, aksi atau aktivitas yang bersifat radikal segeralah laporkan. Jangan segan karena sebenarnya kita pasti akan dilindungi karena telah member informasi.
  4. Pahami arti jihad yang sebenarnya karena pada dasarnya teroris mengartikan jihad yang salah. Dengan demikian apabila kita diajak bergabung teroris dengan alasan jihad, kita bisa membedakan dan mengartikan bahwa jihad yang dipakai untuk mengajak kita itu salah.
  5. Pintarlah dalam menggunakan internet, karena teroris sudah melakukan perekrutan melalui internet. Ketauhilah cirri website teroris dengan poin-poin yang diatas. Apabila menemukan situs seperti itu bookmark saja, tandai, dan beritahu kepada teman-teman bahwa situs tersebut berbahaya. (Ozan Lubis, Kreasi.dutadamai.id)

Respond For " Bagaimana langkah mencegah terorisme dimulai dari diri sendiri "

Tinggalkan Balasan