Mensos Ajak Generasi Muda Bangun Patriotisme Progresif-Positif

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Jakarta | kreasidutadamai.id
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak generasi muda untuk membangun patriotisme progresif dan positif sebagai upaya melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam membangun bangsa.

“Dulu pahlawan sudah berkorban bukan hanya harta bendanya tapi juga nyawa mereka untuk meraih kemerdekaan. Sekarang yang harus kita lakukan adalah membangun patriotisme progresif dan patriotisme positif,” kata Mensos pada sarasehan dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan 2016 di Jakarta, Kamis (17/11).

Menurut dia, saat ini semua bisa menjadi pahlawan dimana pun dan di sektor apa pun dengan memulai apa yang bisa dilakukan untuk membangun daya saing di antara bangsa-bangsa di dunia.

“Tidak usah kita harus menjadi seseorang dulu baru kita bisa menjadi pahlawan. Bagaimana seluruh energi positif yang kita punya kita gunakan untuk sesuatu yang positif,” katanya.

Mensos mencontohkan seperti Rafi Ridwan, desainer muda Indonesia penyandang disabilitas wicara yang mampu menembus pasar Amerika dengan hasil karyanya.

Rafi yang hadir dalam sarasehan tersebut, menurut Mensos merupakan sosok yang luar biasa karena dengan keterbatasannya maka dia ternyata mampu mengharumkan nama bangsa dan memperkenalkan kekayaan budaya bangsa lewat karya-karyanya yang mengambil kain-kain tradisional sebagai bahan rancanangannya.

Sarasehan tersebut diisi pembacaan puisi oleh penyair Taufik Ismail dan diskusi tentang kepahlawanan. Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan pelajar, mahasiswa, relawan juga veteran.

Kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya untuk mengingatkan kembali terutama generasi muda tentang proses meraih kemerdekaan dan bagaimana bersama-sama menyatukan langkah mengisi kemerdekaan.

Respond For " Mensos Ajak Generasi Muda Bangun Patriotisme Progresif-Positif "

Tinggalkan Balasan