Panglima TNI: Pemuda Harus Menjadi Benteng Terdepan NKRI

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI: Pemuda Harus Menjadi Benteng Terdepan NKRI
Jakarta | kreasidutadamai.id
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengemukakan ancaman kedepan sudah semakin nyata. Para pemuda harus menjadi pemersatu bangsa dan benteng terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jadikan Indonesia sebagai bangsa pemenang.

Hal itu disampaikan Gatot Nurmantyo saat memberikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalis ke-53 di Graha Widyatama Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (26/9).

Gatot menjelaskan sejarah perjuangan kemerdekaan membuktikan nilai patriotik bangsa Indonesia dalam menentukan nasibnya sendiri. Mengapa bangsa pemenang karena Indonesia direbut, diambil, dipaksa oleh para pejuang untuk memenangkan perang walau dengan kondisi senjata tradisional.

Menurutnya, makna mahasiswa adalah orang yang besar dan belajar. Setiap keputusan selalu menggunakan akal pikiran dan hati nurani sebagai pengawal tatanan masyarakat.

“Tugas utama kalian belajar untuk meraih mimpi agar bisa berbuat lebih baik lagi untuk rakyat bangsa dan negaramu. Raih mimpimu bersama-sama temanmu. Jangan puas karena mimpimu besar dan lakukan semuanya dengan do by heart (dengan hati),” ujarnya.

Dia menambahkan Indonesia adalah bangsa besar dengan ciri khas penerapan nilai-nilai Pancasila dalam sendi kehidupannya dengan didasari nilai luhur kepribadian bangsa. Pancasila kalau diperas menjadi eka sila. Eka Sila kalau diperas adalah gotong-royong.

“Ternyata setelah gali gotong-royong hanya bisa hidup di kumpulan kumpulan manusia yang manusia yang mempunyai Gen kesatria dan Gen Patriot. Kita punya itu,” tutupnya.

Respond For " Panglima TNI: Pemuda Harus Menjadi Benteng Terdepan NKRI "

Tinggalkan Balasan