Ada Apa dengan Semangat Kebangkitan Nasionalisme?

Ada Apa dengan Semangat Kebangkitan Nasionalisme? – Tepat pada 20 Mei 2016 lalu Indonesia memperingati hari Kebangkitan Nasional. Kebangkitan Nasional adalah masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli. (Wikipedia.com)

Apa kata mereka tentang semangat kebangkitan anak muda masa kini?

aizeindra

Aizeindra Yoga, Founder Komburkali.com – Semangat menggali potensi diri mereka tanpa ada batasan namun tetap pada aturan, karena dengan kemudahan zaman anak muda melupakan utntuk upgrade potensi diri mereka.

bangjimmy

Cerita Jimmy, Public Relations and Bloggers – Semangat kebangkitan nasional dulu sama sekarang sebenarnya sama. Sama-sama ingin menyatukan. Pada saat dahulu menyatukan kekuatan untuk melawan perpecahan baik politik , kesukuan, agama dan daerah pada saat Belanda berada di Indonesia. Pada saat ini lebih ke concern di issue agama. Sekarang apapun yang diangkat mengenai issue agama atau yang berhubungan dengan agama akan jadi ruwet dan saling menghujat. Saat ini yang perlu dilawan adalah diri sendiri untuk bisa legowo dan menerima perbedaan tanpa terkecuali.

356399

Rudi Hartoyo, Founder Medanwisata.com – Kebangkitan Nasional adalah semangat diri untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Kebangkitan anak muda masa kini terlihat pada semangatnya yang ingin membangun Indonesia melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat.

10014621_10206593258727267_3491533907948663902_n

Agoez Perdana, Editor in Chief KabarMedan.com dan Ketua AJI Medan – Kebangkitan Nasional merupakan momen dimana kita sebagai anak muda mampu meneruskan perjuangan para pahlawan dan pendiri Republik Indonesia dengan menghasilkan karya kreatif yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Anak muda kreatif, bangkitlah dan tunjukkan karyamu!

13083326_10154863583043289_6689723007880863543_n

Rizky Nasution, Penggagas Medan Heritage dan Penggiat Sosial – Bangkit dengan terus bergerak melakukan banyak hal berawal dari passion hingga menciptakan karya. Dengan karya, pribadi menjadi abadi dalam menginspirasi tanpa usang oleh waktu.

Bagaimana cara kita mengembalikan semangat kebangkitan nasionalisme?

Sudah baca pendapat dari anak muda di masanya dan masa sekarang? Tentunya kita bisa tarik kesimpulan bahwa cara sederhana kita menyatukan dan mengembalikan semangat kebangkitan nasional yakni dimulai dari diri sendiri. Kita dapat menularkan semangat kebangkitan dengan cara-cara yang biasa kita lakukan tapi harus tetap pada aturan yang ada bukan malah sesuka kita untuk menjalankannya. Menularkan semangat nasionalisme dengan kegiatan bermanfaat seperti bidang pendidikan, sejarah kota, menyebarkan informasi lewat media sosial atau blogging dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang memacu semangat nasionalisme kita agar tetap tumbuh.

Sudah tahu kan? Bahwa semangat nasionalisme yang semakin tumbuh dan kita dapat memanfaatkannya dengan baik, kekerasan, pertengkaran, aksi anarki lainnya akan dapat tersingkirkan. Mari bangkit dan semangat menyuarakan perdamaian. (Tim Kreasi Damai)

Respond For " Ada Apa dengan Semangat Kebangkitan Nasionalisme? "

Tinggalkan Balasan